Wednesday, April 11, 2012

Masa Tahan Digester



image
Digester dari salah satu produsen mesin pabrik kelapa sawit
 
Masa tahan digester (digester retention time) adalah waktu yang diperlukan oleh berondolan rebus untuk berada didalam digester mulai dari masuk hingga keluar dari digester. Masa tahan ini sangat penting untuk menjamin berondolan terlumat dengan baik sehingga pengempaan digested fruit berlangsung dengan baik dengan losis minyak yang minimal di fibre dan biji. Memang pelumatan tidak hanya ditentukan oleh masa tahan digester namun dalam kondisi normal, masa tahan sangat menentukan karena selama proses pengolahan pabrik kelapa sawit berlangsung hanya parameter temperatur saja yang dikontrol oleh operator. Yang lain tidak, karena kecepatan putaran as digester fix / konstan, jumlah pisau pengaduk konstan, kecepatan putaran screw press konstan sehingga operator hanya memperhatikan temperatur saja. Bayangkan jika masa tahan tidak terjamin minimal 15 menit maka proses pengempaan akan menghasilkan losis tinggi di fibre dan biji.
Normalnya putaran as digester 26 rpm dan putaran double screw 10-12 rpm maka yang menentukan masa tahan hanya volume digester. Oleh sebab itu kita harus jeli memilih volume digester dengan kapasitas olah screw press.
Misalkan ukuran digester 3.200 liter = 3.200 kg berondolan rebus = 4.900 kg TBS dan kapasitas screw press 10 ton TBS/jam maka berondolan akan teraduk selama (4.900/10.000) *60 = 29 menit. Dengan demikian berondolan rebus akan terlumat dengan baik, karena pelumatan normal membutuhkan waktu 15 menit.
Namun menentukan waktu adukan normal dapat dilakukan trial dan error, jika realisasi waktu pengadukan di masing – masing pabrik kelapa sawit masih dibawah 29 menit berarti digester masih berfungsi dengan baik.
Namun jika waktu pengadukan lebih dari 29 menit maka perlu dilakukan pemeriksaan terhadap tingkat keausan pisau digester (stirring arm), temperatur kerja dan siku-siku 15 mm yang terpasang di wearing plat digester.
Pastikan sterilized fruit lumat sebelum di kempa dan minyak selalu mengalir dari perforasi bottom plate digester menuju oil gutter.





0 comments:

Post a Comment